Wednesday, June 15, 2016

Tips Sapu Bersih Ranjau Paku




Tips sapu bersih ranjau paku ini bisa kamu lakukan sendiri, jika melihat tebaran paku di jalan raya.


1. Turunkan kecepatan hingga seperti orang berjalan kaki. Hal ini menyebabkan tekanan bobot kendaraan berikut isinya tidak membuat paku berubah posisi, tetap pada tempatnya.


2. Parkirkan kendaraan roda dua atau empat pada "posisi aman". Jika berada di flyover, pastikan berada di puncak punggungan flyover hingga terlihat dari jauh. Atau parkir dekat posisi kamu menyapu ranjau paku.


3. Usahakan tandem (lakukan berdua), kamu menyapu ranjau dan teman kamu mengalihkan lalu lintas agar kamu dan teman kamu tetap dalam "posisi aman".


4. Gunakan rompi atau pakaian berwarna terang agar mudah terlihat dari jarak minimal 100 meter.


5. Manfaatkan lampu lalulintas, peluit dan handy talkie untuk mengatur lalulintas. Usahakan hindari macet dan hati-hati menyapu jalur busway.


6. Gunakan rompi dan magnet untuk menyapu ranjau paku. Bisa ditumpuk dua, tiga atau lebih. Atau lebih suka dibuat berjajar ke samping.


7. Untuk jalur handy talkie sebaiknya memilih jalur sendiri dan digunakan seperlunya sesuai kebutuhan. Agar tidak mengganggu pihak lain.


8. Pastikan perut kenyang atau terisi, agar tidak pingsan saat "keasyikan" menyapu ranjau paku.


9. Pastikan berdo'a dan minta dukungan dari orang yang kamu sayangi. Ini hal yang terpenting. Berangkat selamat, balik ke rumah pun selamat. Pengguna jalan pun terhindar dari kecelakaan akibat ranjau paku.


NB:
* Jika ingin membeli rompi dan lampu lalulintas bisa dibeli di toko pakaian dan peralatan tni/polri di pasar senen dan sekitarnya. Pastikan semua atribut dicopot, menghindari kesalahpahaman.


* Untuk handy talkie bisa dibeli di toko elektronik penjual radio komunikasi.Pastikan jalur komunikasi yang kamu gunakan bersih, tidak mengganggu pihak sekitar dan pada waktu terbatas misal satu atau dua jam saja.


* Sedangkan magnet bulat, atau magnet donat karena bentuknya seperti donat. Bisa beli di poncol, tuuu tetangganya stasiun kereta api pasar senen. Atau di toko rongsokan besi terdekat di lingkungan kamu jika ada.


Semoga bermanfaat...


#oerip08 #saber #saber2016

No comments:

Post a Comment