Tuesday, June 7, 2011

Mendeley untuk Organisasi File PDF


(Khususnya bagi Peneliti)

Ditulis oleh Windra Swastika, dosen Teknik Informatika  Universitas Ma Chung, Malang.


Bagi peneliti, mengumpulkan dokumen PDF, artikel, halaman web, dan buku elektronik sebagai bahan rujukan penelitian merupakan kegiatan rutin yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk memudahkan penelitian, bahan-bahan rujukan tersebut harus terorganisasi dengan rapi agar peneliti membutuhkannya, ia dapat segera menemukannya. Namun, mengorganisasi berbagai dokumen tersebut bukanlah hal yang mudah, khususnya bagi peneliti yang menggarap lebih dari satu proyek penelitian.

Sebuah aplikasi gratis, yaitu Mendeley, dapat dengan mudah mengorganisasi berbagai dokumen elektronik, baik dalam aplikasi desktop maupun online. Selain dokumen elektronik, Mendeley juga mendukung social network antar peneliti.

Berikut ini adalah beberapa fitur Mendeley:

Mengarsipkan File PDF
Sudah tidak dapat dihindari bahwa peneliti memiliki puluhan atau bahkan ratusan file PDF. Saat Mendeley sudah terinstal sebagai aplikasi desktop, Anda dapat menambahkan tool tambahan pada browser, yaitu Import to Mendeley. Saat Anda membuka website yang menampilkan file PDF dan ingin meng-copy file PDF tersebut, import ke Mendeley dapat dengan mudah dilakukan dengan klik kanan.

Opsi untuk mengorganisasi file PDF dapat  diakses melalui menu Tools >> Option, tab box File Organization. Di tab tersebut, Anda dapat mengatur folder untuk mengorganisasi file, mengelompokkan file dalam subfolder, atau mengatur setting untuk penamaan file berdasarkan tahun. Saat Anda melakukan penyimpanan file PDF, setting nama akan mengikuti berdasarkan opsi yang telah ditentukan.

Sharing Research di Komunitas Mendeley
Selain mengorganisasi file, Anda juga dapat membuat grup untuk dapat sharing dengan komunitas Mendeley yang memiliki ketertarikan serupa. Dengan menandai bahwa grup yang dibuat sebagai open group, setiap orang dapat berdiskusi atau menambahkan resource pada group tersebut. Grup juga dapat diubah menjadi Invited-only yang berarti kontribusi hanya dapat dilakukan oleh orang yang telah di-invite.

Synchronization Files
Dengan melakukan sinkronisasi, semua file dokumen yang di-attach akan di-upload pada account web. Mendeley  menyediakan space sebesar 500 MB untuk menampung berbagai file yang akan disinkronisasi.

Mencari Paper
Selain mengorganisasi file, Mendeley juga dapat digunakan untuk mencari paper dengan topik tertentu. Mendeley juga dapat digunakan untuk mencari paper dengan berdasarkan kategori, misalnya Astronomy, Biologi, Business, Chemistry, Computer Science dan Engineering. Namun, karena banyak hasil penelitian yang dilindungi dengan hak cipta, Mendeley menampilkan publikasi yang isinya hanya judul, nama penulis, nama penerbit, dan abstraksi setiap paper. 

Link terkait ...>

4 comments:

  1. 1+ Info done...
    Thanks Mas Taufik Atas Infonya..

    ReplyDelete
  2. mau tanya fitur mendeley memudahkan kita mengunduh artikel dari jurnal apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi situs resminya , mendeley.com

      Delete